Jumat, 21 Juni 2013

Cara Merubah Jalur Video



Trik Jumper Tv Digitec Sumo






   Buat rekan2 teknisi,..ini adalah trik jumper untuk merubah jalur RF menjadi jalur
   AV (audio vidieo ) yang menggunakan IC TDA 8841
 

   Assalamualaikum,....sobat teknisi,...

   Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit permasalahan yang mungkin sobat teknisi pernah mengalaminya . Saat itu saya memprbaiki TV di salah satu desa yang memang di desa tersebut siaran Tv tidak dapat di terima oleh Televisi kalau tidak menggunakan Parabola,Tv tersebut rusak pada bagian videonya karena tersambar petir,sehingga video dari receiver tidak bisa tampil pada Tv tersebut.Setelah saya periksa ternyata input video externalnya rusak,jadi setelah sya cek di tempat penjualan sparepart IC tersebut sudah tidak banyak lagi di pasaran,sedangkan yang ada cuma kualitas nomor dua sehingga saya  berpikr kalau yg dipasaran tersebut tidak cocok lagi dengan Tv tersebut.
   Kemudian saya mencoba memsukkan sinyal video dari receiver tersebut melalui input video internal,yaitu dari RF ,dengan langkah sbb,
1 . Pertama potong jalur videoexternal yang masuk ke IC.
2 . Potong juga jalur video internal ya,..
3 . Hubungkan jalur video external tadi ke kaki IC input
     video internal,kemudian sobat test
     jika gambar sudah muncul pasti masih ada suara desis ,itu karena IC masih terhubung
     dengan sinyal audio RF,...nah bagaimana cara menghilangkannya   ,....kita lanjut ke
     urutan berikutnya.
4 . Potong jalur audioextrenal yang masuk ke IC
5 . Jangan lupa potong juga jalur audio internal ya,..
6 . Kemudian hubungkan jalur audio external tersebut dengan ke kaki IC input
     audiointernal,
     nah disini   sobat test lagi hasilnya ,pasti sudah ada gambar dan suaranya ,.Lohh,..
     tapi kok masih berdesis,...
7 . Pada urutan ketujuh ini sobat teknisi harus memeotong jalur sound detector pada IC
     yaitu kaki no.56 agar suara desisnya tersebut hilang,...nah kemudian sobat test lagi ,
     pasti sobat merasa puas ,ternyata gambar dan suaranya jernih,....
   

    Kalau sobat ada yang belum tau no kaki IC nya ,..di bawah ini akan saya terangkan sedikit,..
1 . Jalur input video external     : no 17
2 . Jalur input video internal      : no 12
3 . Jalur input audio external     : no 1
4 . Jalur input audio internal      : no 55
5 . Jalur sound detector            : no 56

    Saya rasa hanya ini dulu yang dapat saya bagi kepada sobat teknisi ,

    Wassalam.  ,  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar